MELALUI INCITEST & ICOBEST 2018 RATUSAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNIKOM SEMAKIN BERKUALITAS DAN DIAKUI JURNAL BEREPUTASI INTERNASIONAL

BANDUNG, UNIKOM– Unikom kembali menunjukan keberhasilannya kepada publik melalui pencapaian yang membanggakan di bidang publikasi ilmiah. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan terpublikasinya karya ilmiah bereputasi internasional melalui seminar internasional yang diadakan Unikom secara mandiri yaitu International Conference on Informatics, Engineering, Science and Technology (INCITEST) pada 9 Mei 2018 dan International Conference on Business, Economics, Social Sciences and Humanities (ICOBEST) 2018 pada 22 November 2018 di Grand Tjokro Hotel Bandung.

Seminar INCITEST 2018 dan ICOBEST 2018 yang diinisiasi Tim International Conference Unikom diikuti lebih dari 200 peserta dari kalangan akademisi baik dalam negeri maupun lintas negara. Kedua seminar ini juga menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Unikom. INCITEST 2018 menjadi wadah bagi para dosen, peneliti, dan akademisi di lingkungan teknik sedangkan ICOBEST 2018 ditujukan bagi mereka yang berada di ranah non teknik untuk mengikutisertakan karya ilmiahnya sehingga diharapkan mampu memberikan solusi yang kelak diadopsi sekaligus mempertemukan mitra global untuk kolaborasi di masa mendatang.

Melalui kesempatan tersebut, sejumlah pembicara kompeten hadir sebagai keynote speaker pada INCITEST 2018, yakni: 1) Prof. Dr. Hiroyuki Iida (Jepang); 2) Prof. Weichih Hu, Ph.D (Taiwan); 3) Dr. Phil Michael Grosh (Germany); dan 4) Dr. Yeffry Handoko Putra (Indonesia). Sementara itu, ICOBEST 2018 menghadirkan keynote speaker di bidang noneksata, yakni: 1) Prof. Dr. Dennis Ushakov (Rusia); 2) Prof. Dr. Hj. T. Fatimah Djajasudarma (Indonesia); 3) Dr. Eku Wand (Germany); dan 4) Prof. Hisanori Kato (Japan).

Keberhasilan Unikom di bidang publikasi karya ilmiah tak terhenti sampai pelaksanaan INCITEST 2018 dan ICOBEST 2018, mengingat output dari dua seminar internasional tersebut mampu mencetak pencapaian gemilang. Bagaimana tidak, sebanyak 190 karya ilmiah yang diikutsertakan pada INCITEST 2018 berhasil terpublikasi dengan terindeks Scopus, karena pada pelaksanaannya Tim International Conference Unikom menggandeng salah satu publisher bergengsi yang berbasis di Bristol Inggris yaitu IOP. Sehingga output dari kegiatan ini adalah proceeding terindeks scopus dan memiliki reputasi sangat bagus.

Sementara itu, pada ICOBEST 2018 sebanyak 118 karya ilmiah yang diikutsertakan berhasil lolos dan resmi dipublikasikan oleh publisher terindeks CPCI/Thomson Reuters yang berbasis di Perancis yakni Atlantis Press. Melalui pemberitahuan via e-mail yang diterima Tim International Conference Unikom, Jumat (30/11/2018), bahwa seluruh paper tersebut dinyatakan layak publikasi setelah melalui review oleh tim reviewer di bidangnya dari dalam maupun luar negeri.

Kabar bahagia tersebut tentu sangat membanggakan terlebih bagi Unikom sebagai penyelenggara juga peserta karena para dosennya yang berkecimpung di bidang teknik terlibat sebagai peserta di INCITEST 2018 dan dosen non teknik di ICOBEST 2018. Tidak hanya Unikom, beberapa akademisi lainnya yang juga terlibat sebagai peserta diantaranya dari Universitas Esa Unggul Jakarta, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Universitas Andalas Padang, Universitas Ngurah Rai Bali, Universitas Padjadjaran dan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia dan luar negeri.

Berbicara tentang seminar internasional, INCTEST maupun ICOBEST bukanlah seminar internasional kali pertama diadakan Unikom mengingat dua tahun sebelumnya pernah digagas kegiatan serupa meskipun dari kepanitiaan yang berbeda. Menurut Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si, selaku Direktur Jurnal dan Publikasi Unikom, saat ini ia bersama timnya tengah melakukan sejumlah persiapan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan INCITEST dan ICOBEST 2019. “…kami berupaya untuk dapat membidik kembali publisher bergengsi termasuk juga jurnal internasional bereputasi,  dan untuk INCITEST 2019 kami berhasil menggandeng jurnal terindeks scopus Q3 yaitu Journal of Engineering Science and Technology (JESTEC), sehingga nantinya sepuluh karya ilmiah terbaik akan dipublikasikan dalam JESTEC, adapun persiapan ICOBEST 2019 masih dalam tahap penjajakan dengan jurnal-jurnal yang nantinya akan bekerja sama,” jelasnya.

Apresiasi positif datang dari berbagai pihak, tak terkecuali Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, karena menurutnya keikutsertaan para dosen dalam seminar internasional mampu mendatangkan banyak manfaat positif terlebih perubahan teknologi yang demikian pesat, menuntut institusi pendidikan tinggi untuk beradaptasi dengan perkembangan tersebut, termasuk SDM di dalamnya. “…selain mempercepat peningkatan jabatan fungsional bagi dosen, kami pun ingin menjadikan Unikom sebagai perguruan tinggi yang memiliki akselerasi tinggi terkait seminar internasional sehingga grade Unikom berada di level nasional dan bisa cepat melesat tinggi,” ucapnya.

Gebrakan Unikom dari suksesnya dua seminar internasional ini bukan tanpa usaha, karena sebelumnya Tim International Conference Unikom telah melakukan persiapan matang salah satunya melalui Coaching Clinic yang diikuti oleh dosen Unikom. Melalui coaching clinic para peserta mendapatkan pemaparan materi oleh tim yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), antara lain: 1) Assoc. Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah; 2) Dr. Isma Widiaty, M.Pd; 3) Dr. Eng Asep Bayu Dani Nandiyanto, S.St.,M.Eng; 4) Ari Arifin D, S.PD.,M.Ed; dan 5) Cep Ubah Abdullah, M.Pd., guna mengevaluasi serta meningkatkan kualitas tulisan agar dapat dipublikasikan oleh publisher bergengsi serta menghasilkan paper yang sangat baik dan bermutu.

Selain memberikan pelatihan kepada para dosen, Unikom juga memberikan perhatiannya pada mahasiswa melalui “Coaching Clinic Penulisan Paper” yang diikuti mahasiswa Unikom dari berbagai program studi. Target dari coaching clinic kali ini ialah memperbaiki paper sesuai dengan template yang telah ditentukan, dimana paper terbaik berkesempatan untuk diikutsertakan ke dalam seminar internasional yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh Unikom dan berpeluang untuk dipublikasikan dalam scope internasional. Melalui kegiatan ini diharapkan para dosen dan mahasiswa di lingkungan Unikom semakin giat melaksanakan penelitian yang berkualitas dan menunjukan kontribusi positif di bidang publikasi ilmiah serta mampu membuat paper yang baik dan berkualitas berdasarkan standar yang berlaku. (Direktorat Hms & Pro)

About Author
admin

Leave a Comment

Name*
Email*
Website